Wagub Sandi Ingin Lebih Banyak UKM Go International

By Admin

nusakini.com--Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menginginkan lebih banyak lagi usaha kecil dan menengah (UKM) di Ibukota yang bisa go international. 

Dikatakan Sandi, sebagai langkah awal untuk merealisasikan keinginan tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyelenggarakan lokakarya dan kurasi bagi produk UKIM unggulan di Ibukota.

"Hari ini, kita memulai proses kurasi untuk UKM-UKM di DKI yang akan kita dorong menjadi ekonomi kreatif bertaraf internasional," ujar Sandi, saat membuka lokakarya dan kurasi bagi produk UKM unggulan, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (26/2). 

Dijelaskannya, dalam lokakarya dan kurasi ini dihadiri langsung Jennifer Isaacson dari New York selaku kurator sekaligus artisan atau orang yang ahli membuat barang kerajinan tangan. 

"Ini menjadi pembuka kesempatan bagi pelaku usaha untuk menampilkan produk unggulan mereka di New York Now, yang menjadi pasar artisan terbesar di Amerika Utara," terangnya. 

Sandi mengungkapkan, detail kurasi yang dilakukan melingkupi produk, kemasan, teknik produksi, pemasaran, kemudian follow updengan pasar. 

"Akan dipilih satu atau dua slot yang memang kurasinya sangat detail. Kami berharap, UKM yang tidak terpilih tahun ini bisa mengikuti pameran di tahun depan," tuturnya. 

Ia menambahkan, lokakarya dan kurasi produk UKM ini memiliki arti penting agar produk yang dihasilkan berkualitas, berdaya saing, memiliki ciri khas dan berlabel Indonesia. 

"Kita ingin memberikan dampak baik terhadap perekonomian di Jakarta maupun Indonesia. Saya tadi mentabulasi sekitar 1.500 lapangan kerja yang bisa didorong kalau kita mengembangkan ini," tandasnya.(p/ab)